Jebbhenk Madura
zwani.com myspace graphic comments

Pages

Rabu, 09 November 2011

Sejarah Perkembangan Komputer

Komputer sebagai alat hitung ternyata sudah digunakan manusia sejak dulu. Sejalan dengan pemikiran manusia komputerpun semakin sempurna dari bentuk sampai kemampuannya. Perkembangan ini secara umum dibagi menjadi 2 masa, yaitu:

1.Era komputer mekanik
Untuk mempermudah aktifitas hidupnya, manusia membutuhkan alat bantu hitung, bahkan itu sudah diakui sejak dulu. Perbintangan, perdagangan, atau pekerjaan lain yang sangat membutuhkan adanya alat bantu hitung. Jaman dulu alat hitung yang digunakan hanya berupa batu kerikil, lidi, tulang, dan lain-lain.

Menurut para ahli sejarah, alat hitung yang pertama dibuat oleh manusia adalah abacus atau sipoa oleh bangsa cina sekitar 25 ribu tahun yang lalu. Sampai sekarang sipoa masih dipakai, sedangkan bangsa peru dan inca menggunakan quipus yang berupa tali simpul, tiap simpul melambangkan bilangan tertentu.

Setelah tahun 1642 di perancis, Blair Pascal membuat sebuah mesin hitung yang hanya bisa melakukan operasi hitung penjumlahan saja yang disebut Adding Machine. Kemudian disempurnakan sehingga dapat untuk melakukan operasi matematik yang lainnya (tahun 1673 oleh Von Leibnitz).

Dapat dikatakan bahwa era komputer mekanik memunculkan alat-alat hitung yang bahan dan penggeraknya berupa tenaga mekanik.

2.Era komputer elektronik
Sejak ditemukannya listrik oleh M. Faraday, berkembang alat-alat yang menggunakan tenaga listrik termasuk komputer. Rancangan komputer elektronik pertama kali dibuat oleh John Atanasoff dari AS pada tahun 1942. dan berkembang hingga sekarang.

Era perkembangan komputer dapat dibagi menjadi beberapa periode, yaitu:
a.Komputer generasi pertama (1946-1959)
Menggunakan lampu tabung sebagai komponen utama
Ukuran per unit komputernya sangat berat dan besar
Cepat panas sehingga dibutuhkan alat pendingin yang banyak
Boros listrik
Proses relatif lambat
Ketepatan hasil proses rendah
Kapasitas data kecil

b.Komputer generasi kedua (1959-1965)
Komponen utama penyusun komputer generasi kedua adalah transistor. Komponen ini lebih unggul segalanya daripada tabung hampa namun harga jual murah. Kelemahan generasi pertama dapat diperbaiki.

c.Komputer generasi ketiga (1965-1970)
Fungsi transistor digantikan oleh IC (Integrated Circuits) atau rangkaian terpadu. Sekeping IC dapat menggantikan kerja beberapa transistor, diode, dan resistor sekaligus. Sehingga lebih baik hasilnya daripada generasi sebelumnya. Ukurannya mekin kecil namun kecepatannya makin tinggi, kapasitas lebih besar, juga dimungkinkan komunikasi antar komputer.

d.Komputer generasi keempat (1970- )
Komponen utama komputer generasi ini adalah VLSI (Very Large Scale IC) yaitu IC yang ditingkatkan kemampuannya hingga ratusan hingga ribuan kali dengan ukuran fisik yang semakin kecil.

e.Komputer generasi kelima
Sekarang para pakar komputer merancang dan memikirkan bagaimana membuat komputer dengan komponen utama AI (Artificial Intelligence) atau kepandaian buatan, sehingga diharapkan dapat menentukan sikap sendiri jika menerima data, hendak diapakan data itu adalah atas inisiatif sendiri

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More