Jebbhenk Madura
zwani.com myspace graphic comments

Pages

Senin, 21 November 2011

KERAPAN SAPI

Karapan Sapi adalah perlombaan pacuan sapi khas masyarakat pulau Madura, Jawa Timur. Dalam lomba pacuan tradisonal ini dua ekor sapi dipasangkan untuk menarik kereta kayu yang dinaiki oleh seorang joki  laki-laki. Jarak lintasan perlombaan umumnya 100-180 meter dengan lama pacuan  antara sepuluh sampai enam belas detik.
Karapan Sapi merupakan bagian dari kebanggan  orang Madura. Dalam event ini, harga diri pemilik sapi pacuan  dipertaruhkan. Kalau menang, maka harga diri pemilik sapi pacuan dengan sendirinya akan terangkat karena namanya akan dikenal luas oleh masyarakat. Begitu  pula sebaliknya, jika kalah, maka sang pemilik akan merasa kehilangan harga  diri. Oleh karena itu, para pemilik sapi pacuan berupaya keras untuk selalu menang termasuk dengan cara mengeluarkan banyak uang untuk perawatan sapi. Tak hanya itu, perlengkapan magis seperti jampi-jampi untuk menangkal pengaruh  jahat dari pihak lawan juga dilakukan dengan jalan menyewa dukun.
Setiap tahunnya, tiap kabupaten di pulau Madura biasanya  menyelenggarakan Karapan Sapi, yaitu pada bulan Agustus sampai September. Dari pertandingan di tiap kabupaten tersebut, diadakan pertandingan final di Kota  Pamekasan, Madura, pada akhir bulan September atau Oktober untuk memperebutkan kemenangan.
Dalam event Karapan Sapi penonton tak  hanya disuguhkan kecepatan sapi dalam berlari dan ketangkasan seorang joki,  melainkan juga upacara khusus yang dilakukan oleh para pemilik sapi sebelum  perlombaan dimulai. Sebelum perlombaan berlangsung, pasangan-pasangan sapi yang  akan dilombakan diarak mengelilingi arena pacuan dengan diiringi alat musik bernama seronen, yaitu musik tradisional khas Madura. Alunan musik yang menonjolkan perpaduan bunyi gendang, terompet, dan gong yang disertai tarian para pemainnya  ini membuat arena perlombaan menjadi meriah.
Selain itu, dalam perlombaan ini para penonton  biasanya juga melakukan transaksi taruhan dengan memilih pasangan-pasangan sapi  yang dijagokan akan memenangkan perlombaan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More